Blog Informasi sejarah yang mungkin ingin kamu ketahui. Dan bagi kamu ingin mencari tentang sejarah disinilah tempatnya. Kumpulan Sejarah.

Sejarah Penemuan Sepeda Dan Penemu


Sepeda adalah salah satu alat transportasi yang paling penting di dunia, karena selain ramah lingkungan, sepeda juga menjadi tonggak munculnya kendaraan-kendaraan lainya. Tercatat bahwa sepeda lebih dulu diciptakan dari mobil. Bahkan banyak yang berkata bahwa sepeda sudah dirancang oleh orang-orang jaman dulu (termasuk oleh Leonardo da Vinci).

Sepeda mempunyai sejarah yang panjang. Pertama kali diciptakan oleh Baron von Drais. Baron Karls Drais von Sauerbronn seorang pria berkebangsaan Jerman. Atas dasar pengabdian kerjanya (penjaga hutan), dia menyempurnakan velocipede.Velocipe adalah transportasi roda dua yang dinamai velocipede dikenal di negara tersebut. Kontruksinya pun masih sangat sederhana, karena belum menggunakan besi. Dengan model yang masih sangat “primit”, sepeda saat itu tidak menggunakan tongkat kemudi (setang), dan konstruksinya dari kayu.

Sejarah Penemuan Sepeda
Pada awalnya, baron bekerja sebagai pengatur atau mandor taman kerajaan di Paris. Karena taman kerajaan di Paris sangat luas, Baron kesusahan harus berpindah-pindah dari bagian taman satu ke taman yang lain. Untuk itulah baron kemudian berinisiatif untuk menciptakan sebuah alat yang bisa memudahkannya berpindah-pindah dengan cepat tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga.

Pada tahun 1860, Baron berhasil membuat sebuah alat kendaraan berupa kursi yang dilengkapi dengan roda, bentuknya sudah menyerupai sepeda, hanya saja tak mempunyai genjotan. Sepeda pertama ini hanya berjalan dengan tenaga dorong. Karena pedalnya langsung tersambung dengan Ass depan. Sepeda ini dikenal dengan nama Draisienne (berdasarkan nama penemunya). Sepeda inilah yang kemudian ditetapkan sebagai sepeda pertama di dunia.

Sepeda Draisienne ini tak bertahan lama, karena setelah itu, mulai muncul jenis-jenis sepeda baru yang lebih effisien bahkan beberapa di antaranya ada yang sudah menggunakan pedal, walaupun pedal tersebut masih belum sempurna seperti sepeda jaman sekarang). Walau begitu, sepeda buatan Baron von Drais ini tetap harus diacungi jempol, karena sudah mampu menjadi tonggak munculnya sepeda-sepeda modern di dunia.

Referensei
http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=13876.0
http://pedalsepedaku.wordpress.com/2009/01/03/97/
1 Komentar untuk "Sejarah Penemuan Sepeda Dan Penemu"

dulu bentuk sepeda masih simpel banget, dari kayu lagi, sekarang bentuk, spesifikasi, harga, dan kegunaannya udah sangat beragam

Back To Top