Blog Informasi sejarah yang mungkin ingin kamu ketahui.

Sejarah Berdiri Stadion Anfield (Liverpool)

Stadion Anfield Liverpool, siapa yang tidak kenal slogan yang diproklamirkan oleh Bill Shankly di era 70an dan 80an, di saat Liverpool menjadi klub Inggris yang paling ditakuti lawan yang bertandang ke Anfield. Sejarah Anfield berawal dari sebuah taman umum yang bernama Stanley Park, dimana pada saat itu baru tahun 1884 Liverpool masih mempunyai satu tim bernama Everton, namun karena Chairmannya pada saat itu John Houlding tidak disukai, dia memutuskan pindah dari Anfield dan memilih ke seberang Stanley Park dimana Goodison Park berdiri hingga sekarang, sejak saat itu Anfield mempunyai klub baru yang bernama Liverpool sesuai dengan nama kota asal Beatles. Dikarenakan pertengkaran dari jaman dahulu, Liverpool dan Everton menjadi rival dan termasuk klub-klub yang diperhitungkan di Liga Inggris.

Sejarah Stadion Anfield (Liverpool)
Anfield Road

Berbicara soal Anfield yang mempunyai kapasitas sebanyak 45.362 kursi, stadion ini juga dimiliki sepenuhnya oleh klub yang mempunyai semboyan You’ll Never Walk Alone. Salah satu tempat berdiri yang terkenal di stadion ini adalah Kop Stand, di ambil dari nama tempat Spion Kop, yang mana pada saat Perang Boer II, banyak sekali tentara Inggris yang mati di Spion Kop dan kebanyakan adalah berasal dari daerah Lancashire, yang juga biasa disebut sebagai Scousers. Selain Anfield, penamaan Kop pada tempat berdiri atau Stand juga bisa dijumpai di St.Andrews, Birmingham dan Hillsborough, Sheffield.

Kop Stand sendiri tadinya mampu menampung sekitar 28.000 penonton dan termasuk salah satu tempat berdiri terbesar di dunia, namun sejak tragedy Hillsborough tahun 1989, daya tampung di Kop Stand dikurangi dan dijadikan menjadi semua tempat duduk pada tahun 1994, walaupun masih merupakan bagian dari tempat berdiri, Kop Stand masih mampu menampung The Kop sebanyak 12.409 orang.

Nasib yang sama seperti Arsenal akan dialami juga oleh Liverpool dikarenakan mengalami kesulitan untuk menambah kapasitas tempat duduk di Anfield, dimana mereka harus menghancurkan banyak rumah penduduk apabila ingin meneruskan rencana ekspansinya, dan itu banyak ditolak oleh warga, mungkin kebanyakan pendukung Everton tampaknya tinggal di dekat situ. Liverpool diperkirakan akan meninggalkan Anfield dalam 2 tahun ke depan, dimana saat ini mereka sedang mencari sponsor untuk bisa membantu dana sebesar 160 juta pounds untuk membangun stadion dengan kapasitas 60 ribu orang.

Sempat muncul berita bahwa ada yang menyarankan untuk shared stadion dengan Everton di Goodison Park, namun usulan ini ditolak mentah-mentah oleh Badan Direksi Liverpool tahun lalu, karena itu sama saja dengan memberikan gelar tidak resmi kepada Everton sebagai pemilik sejati klub sepakbola asal kota Liverpool.
0 Komentar untuk "Sejarah Berdiri Stadion Anfield (Liverpool)"

Back To Top