Blog Informasi sejarah yang mungkin ingin kamu ketahui.

sejarah Awal Berdiri Negara Arab Saudi

Negara Arab Saudi merupakan salah satu negara di Dunia Islam yang cukup strategis, terutama karena di negara tersebut terdapat Baitullah di Makkah yang menjadi pusat ibadah haji kaum Muslim seluruh dunia. Apalagi perjalanan Islam tidak bisa dilepaskan dari wilayah Arab Saudi. Sebab, di sanalah Rasulullah saw. lahir dan Islam bermula hingga menjadi peradaban besar dunia. Arab Saudi juga sering menjadi rujukan dalam dunia pendidikan Islam karena di negara tersebut terdapat beberapa universitas seperti King Abdul Aziz di Jeddah dan Ummul Qura di Makkah yang menjadi tempat belajar banyak pelajar Islam dari seluruh dunia.

Pemerintah Saudi bermula dari bagian tengah semenanjung (jazirah) Arab yakni pada tahun 1750 ketika Muhammad bin Sa’ud bersama dengan Muhammad bin Abdul Wahhab bekerja sama untuk memurnikan agama Islam yang kemudian dilanjutkan oleh Abdul Aziz Al Sa’ud atau Abdul Aziz Ibnu Su’ud dengan menyatukan seluruh wilayah Hijaz yang dulu dikuasai oleh Syarif Husain dengan Najd.

Pada tahun 1902 Abdul Aziz menguasai Riyadh dari penguasa Al-Rashid, kemudian Al-Ahsa kemudian wilayah nejed antara tahun 1913-1926. Pada tanggal 8 Januari 1926, Abdul Aziz menjadi penguasa wilayah Najd. Dengan menandatangani perjanjian di Jeddah pada tanggal 20 Mei 1927 Arab Saudi menyatakan kemerdekaannya. Pada tahun 1936 wilayah itu diresmikan sebagai Kerajaan Arab Saudi.

Referensi:
http://marihanafiah.wordpress.com/2008/08/11/sejarah-arab-saudi/
http://www.indoforum.org/t79391/
3 Komentar untuk "sejarah Awal Berdiri Negara Arab Saudi"

Assalamu'alaikum. Syukron ilmunya.

Negara itu memanglah punya nya suud,,,sehingga bernama ia saudi arabia,,!!!nama saudi arabia bid'ah karena melanggar konteks alqur'an dan sunnah,,,!!

Anonim@jngan smbrangn mngengatakn bid'ah...
Prlajri dlu dengn seksa..stau sya bid'ah tu di bgi mnjdi 2....da yg sesat da jg yg tidak..coba anda pkir klo smua mnurut anda yg brtntangn dengn sunah bid'ah..v anda skrng mnggunakan handpon..mobil..dn sgalanya...pa kah dulu rasull memakai tu smua..?tidk kn.....brrti klo di pkir scra logika..anda jg melakukn bid'ah......

Back To Top