Sejarah Berdiri Candi Borobudur

Sejarah Berdiri Candi BorobudurKumpulan Sejarah - Candi borobudur merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Indonesia yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Nama Borobudur berasal dari gabungan kata Boro dan Budur, Boro berasal dari kata Sangsekerta berarti “ Vihara” yang berarti komplek Candi dan Bihara atau juga asrama ( Menurut Purwacaraka Dan Stuten Herm ) sedangkan Budur dalam bahasa Bali “ Bedudur” yang artinya di Atas. Jadi nama Borobudur berarti asrama atau bahasa ( Komplek Candi ) yang terletak di atas bukit

Waktu didirikannya Candi Borobudur tidaklah dapat diketahui dengan pasti namun suatu perkiraan dapat di peroleh dengan tulisan singkat yang di pahatkan di atas pigura relief kaki asli Candi Borobudur ( Karwa Wibhangga ) menunjukan huruf sejenis dengan yang di dapatkan dari prasati di akhir abad ke – 8 sampai awal abad ke – 9 dari bukti – bukti tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa Candi Borobudur di dirikan sekitar tahun 800 M.

Candi Borobudur dibangun sekitar tahun 800 sebelum masehi atau abad ke 9 . Borobudur dibangun oleh pengikut Buddha Mahayana pada masa pemerintahan Dinasti Dinasti. Candi ini dibangun pada masa kejayaan dinasti dinasti. Pendiri Candi Borobudur, Raja Samaratungga dari atau dinasti dinasti dinasti. Kemungkinan candi ini dibangun sekitar 824 AD dan selesai sekitar 900 Masehi pada masa pemerintahan Ratu Pramudawardhani putri Samaratungga. Sementara arsitek yang membantu membangun candi ini untuk cerita turun-temurun bernama Gunadharma.

Borobudur kata-kata sendiri berdasarkan bukti tertulis pertama yang ditulis oleh Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jenderal Britania Raya di Jawa, yang memberikan nama candi ini. Tidak ada bukti tertulis bahwa orang tua yang memberikan nama ini Candi Borobudur. Hanya satu dokumen tertua yang menunjukkan adanya candi ini Nagarakretagama buku yang ditulis oleh MPU tahun 1365 Prapanca Buku tersebut ditulis bahwa candi ini digunakan sebagai tempat untuk meditasi Buddhis.

Arti dari "biara di pegunungan" nama Borobudur yang berasal dari kata "bara" (candi atau biara) dan "beduhur" (bukit atau tanah tinggi) di sansekerta. Oleh karena itu, sesuai dengan arti nama Borobudur, maka tempat ini sejak dahulu digunakan sebagai tempat ibadah Buddha.

Candi ini selama berabad-abad tidak lagi digunakan. Jadi, karena letusan gunung berapi, menutupi sebagian besar bangunan Borobudur tanah vulkanik. Selain itu, bangunan juga ditutupi dengan berbagai pepohonan dan semak belukar selama berabad-abad. Kemudian bangunan candi ini mulai terlupakan dalam waktu Islam datang ke Indonesia sekitar abad ke-15.

Pada tahun 1814, ketika Inggris menduduki Indonesia, Sir Thomas Stamford Raffles mendengar tentang penemuan benda arkeologi besar di desa Bumisegoro Kabupaten Magelang. Karena minat yang besar dalam sejarah Jawa, dan kemudian segera memerintahkan Raffles HC Cornelius, seorang insinyur Belanda, untuk menyelidiki lokasi penemuan itu berupa bukit yang dipenuhi semak belukar.

Cornelius dibantu oleh sekitar 200 orang jatuh pepohonan dan menyingkirkan semak yang menutupi bangunan raksasa. Karena bangunan sudah rapuh dan bisa runtuh, kemudian melaporkan kepada Kornelius penemuan Raffles berisi beberapa gambar. Sejak penemuannya, adalah Raffles bernama pria yang memulai pemugaran Candi Borobudur dan mendapat perhatian dunia. Pada tahun 1835, seluruh kawasan candi telah digali. Candi ini diadakan kembali di era kolonial Belanda.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1956 Pemerintah Indonesia meminta bantuan dari UNESCO untuk memeriksa kerusakan Borobudur. Jadi, pada tahun 1963. Dari keputusan Pemerintah Indonesia resmi untuk melaksanakan pemugaran Candi Borobudur oleh UNESCO ini namun dipulihkan hanya benar-benar mulai terjadi pada tanggal 10 Agustus 1973. Proses renovasi baru selesai pada tahun 1984. Sejak tahun 1991, ditunjuk Borobudur sebagai Dunia atau World Heritage Site oleh UNESCO.

Referensi:
http://www.anakciremai.com/2008/05/makalah-sejarah-tentang-candi-borobudur.html
http://duniabaca.com/sejarah-asal-usul-candi-borobudur.html
http://id.shvoong.com/travel/outdoors/2148856-sejarah-candi-borobudur/

19 komentar:

  1. inilah letak keslahan terbesar bagi penulis ataupun yang menyebarluaskan tulisan ini........ sejarah itu perlu bukti otentik dan fisik. ketika bukti itu gak ada jelas gak boleh mengklaim seenaknya aja....
    SEJARAH TENTANG ASAL-USUL BOROBUDUR YANG GAK JELAS SUDAH DIKLAIM BAHWA ITU MILIK BUDHA, ITU ADALAH PERNYATAAN BODOH. YANG MANA ANTARA BUDHA, BODHI, BUDHIS dan BODOH ITU ADALAH SATU MAKNA JIKA DILIHAT DARI SEGI BAHASA.
    Waktu didirikannya Candi Borobudur tidaklah dapat diketahui dengan pasti namun suatu perkiraan dapat di peroleh dengan tulisan singkat yang di pahatkan di atas pigura relief kaki asli Candi Borobudur ( Karwa Wibhangga ) menunjukan huruf sejenis dengan yang di dapatkan dari prasati di akhir abad ke – 8 sampai awal abad ke – 9 dari bukti – bukti tersebut dapat di tarik kesimpulan bahwa Candi Borobudur di dirikan sekitar tahun 800 M.

    BalasHapus
  2. Kalau difikir dgn logik mana ada manusia yg sanggup angkat batu yg besar mcm tu. Zaman dulu mana lah ada lori yg boleh angkat batu sebesar tu. Sejarah tentang candi belum tentu benar. Menurut sejarah yg diceritakan ibu saya. Ada seorang Raja (tidak dikenal pasti namanya) sangat kuat, tiada sesiapa yg boleh menandingi nya. Satu hari Raja itu pergi ke hutan dan ada jin dan anak-2 buah jin yg menganggu Raja itu lalu mereka beradu kesaktian. Kerana Raja itu sangat kuat jin dan anak-2 buah nya kalah. Lalu jin itu berkata 'kamu terlalu kuat utk aku melawan mu. Kerana kamu kuat dan boleh mengalahkan aku, aku akan taat kpda mu dan akn smenurut semua perintahmu.' akhir nya jin dan ank-2 buah nya menjadi hamba Raja itu. Setelah itu Raja menyatakan cinta kepada seorang Puteri (tidak dikenal pasti namanya) dan ingin mengahwini Puteri itu. Puteri itu tidak boleh tolak keinginan Raja itu kerana Raja sangat kuat. Lalu Puteri itu berkata 'aku akan menikah sama kamu tapi ada syaratnya. Engkau buatkan aku sebuah Candi beserta dengan seluruh isi nya dlm waktu satu malam sebelum matahari terbit.' lalu dengan sombong nya Raja itu terus menjawab 'ok aku akan buatkan sebuah Candi beserta dengan isi nya.' lalu Raja itu perintah kan kpd jin utk buatkan sebuah candi beserta seluruh isi nya. Lalu jin itu dgn mudah nya iya melempar api dan akhir nya api itu menjadi batu yg sgt besar dan akhir nya candi sudah hampir siap. Tanpa jin itu sedari dia mendengar kokok kan ayam sehingga jin itu menjadi takut kerana mereka tidak boleh melihat matahari terbit. Lalu Raja itu berkata 'jangan takut itu hanya kokok kan ayam dan masih lama lg matahari akn terbit.' jin itu menjawab 'tidak tuan aku tkboleh teruskan nya aku tkboleh melihat matahari terbit.' lalu jin itu terus berhenti mmbuat candi itu dan api nya yg berubah menjadi batu langsung jatuh kebawah. Maka Raja itu sgt marah dan akhir nya Puteri itu berubah menjadi batu.

    BalasHapus
  3. lebih ongol anda yang percaya dengan cerita tahayul dari pada penjelasan ilmiah.
    Dasar Bodoh !!!!!!!!

    BalasHapus
  4. Yang diceritain ibumu itu prambanan jon..

    BalasHapus
  5. asal usul candi bororbudur bisa kita baca dalam al qur'an, hal ini dijelaskan sejelas-jelasnya dengan melihat bukti nyata dari relief yang ada di candi borobudur oleh KH, Fahmi Basya serta ayat-ayat al qur'an yang mendukung keberadaanya, candi borobudur ada sejak jaman nabi Sualiman, bahkan borobudur dipercantik oleh Sulaiman atas bantuan tentaranya dari golongan jin.

    BalasHapus
  6. setuja bgt dg yg dibilang mas ipoy, itu benar2 mahakarya nabi sulaiman

    BalasHapus
  7. lucu.....sulaiman ngapain klayapan keindonesia....orang ngurusin arab aja dah keteter.....ya jelas tak ada kaitan sejarah ama sulaiman
    perlu diketahui...nabinabi itu hanya cerita dari arab.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om adi. Cobalah sedikit baca ttg peradaban dunia dulu skali. Negara kita Indonesia bukan seperti ini bentuk kepulauanya.

      Hapus
  8. Coba dari semua nabi hanya satu yg berawalan SU, yaitu NABI SULAIMAM AS, makanya di jogja ada tempat mamanya SLEMAN
    . Silahkan tanya asal usul kota itu ( sleman ).

    BalasHapus
  9. Yg saya tau candi borobudur naha karya yg hebat...saya cm brfikir andai itu d buat pada zaman skrng..hrus brapa duit yg d kluar kan..,blm lg klo di korupsi..hahaha

    BalasHapus
  10. Nabi Sulaiman itu Abat Keberapa Ya...?????


    BalasHapus
  11. tidak ada salahnya semua komentar yang ada diatas,
    hanya perlu bagaimana kita menyikapinya, jika kita menyikapi tulisan sejarah candi borobudur diatas dengan nilai positif, maka timbulah pikiran positif, dan sebaliknya juga,
    "orang yang mengatakan si A, B, C......Z, adalah orang bodoh, maka dia sendirilah yang paling bodoh"

    BalasHapus
  12. Sulaiman
    Sulaiman merupakan seorang raja Israel, dan anak Raja Daud. Namanya disebutkan sebanyak 27 kali di dalam Al-Quran. Sejak kecil ia telah menunjukkan kecerdasan dan ketajaman pikirannya. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 970 SM. Wikipedia
    Lahir: 985 SM
    Meninggal: 932 SM


    Lha trus ini sulaiman yg mana yang dimaksud, masa nabi sulaiman hidup lagi?

    BalasHapus
  13. hmmm hargai ajah orang yang sudah berusaha menulis dan memberi informasi tentang kekayaan yang dimiliki negara kita, ga usah saling menyerang yaaa, hal tersebut yang membuat kita gampang dipecah belah bangsa lain, ya diluruskan saja kalo ada yang salah jangan di bodoh bodohkan, bangsa sendiri kok di bodoh bodohkan si?????terimakasih banyaka kepada yang telah menulis di websejarah, teruskan menulis ya, sejelek jeleknya menulis masih lebih baik daripada tidak dan menyebarkan informasi yang positf juga banyak manfaatnya kok. Semangat terus berkarya dalammenulis ya......

    BalasHapus
  14. Itu ajaran agama atau paksaan agama sih.. emang d candi ittu ad allohnya?? Tolol apa2 di islamkan..jelas2 ddlem sna ada patung Budhanya.. mikir pke logika dong ..cba cek alquran mu ap2 main klaim ajj ..dasar agama perusuh

    BalasHapus
  15. Semua bebas berkomentar asal tidak menyinggung SARA. Indonesia negara yang plural dan diantara yg bermacam-macam itu, harus saling menghormati.

    BalasHapus
  16. Sejarah nama BOROBUDUR
    Pengertian Boro
    Boro dalam tulisan ini identik dengan migrasi sirkuler. Boro berasal dari bahasa jawa, dari kata “ngemboro” atau “mboro” yang berartikan meninggalkan desa tempat tinggalnya pindah ke daerah lain (waktunya sementara) dengan tujuan mencari penghasilan, meningkatkan status sosial ekonomi, dan pada saat-saat tertentu ia kembali ke desanya dengan membawa uang (remitan) dan kemudian kembali lagi ke tempat tujuan. Dengan kata lain, boro merupakan usaha seseorang untuk meningkatkan status sosial ekonomi di desanya dengan cara meninggalkan tempat tinggal (sementara) untuk bekerja ditempat tujuan, pada saat-saat tertentu ia kembali ke desanya dengan membawa hasil (remitan) dan kembali lagi ke daerah yang di tuju itu. Adapun lamanya waktu boro yang dilakukan oleh masyarakat desa, beragam dengan rentan waktu minimal 3 (tiga) minggu sampai dengan 3 (tiga) bulan di tempat tujuan, setelah beberapa hari di rumah (kira-kira 1-2 minggu) ia kembali lagi ke tempat tujuan.
    Boro dilakukan tidak hanya dodorong ekonomi saja melainkan juga kepentingan-kepentingan non ekonomi seperti; (1) keinginan mengikuti perintah agama (relegiusitas) (2) menambah wawasan dan ilmu pengetahuan dan (3) meningkatkan status sosial di tengah masyarakat

    Fakhtafat minhul buduuru
    Telah datang kepada kami pembawa risalah(Ajaran=Tuntunan=Peringatan=Penerang hati)

    Jadi BORO Artinya Mengembara/Hijrah
    Dan BUDUR Artinya Risalah

    BORO BUDUURU  BOROBUDUR

    BOROBUDUR Artinya Tempat Mengembara mencari Tuntunan/ilmu (DARI KITAB Zabur)

    BalasHapus

Copyright © 2013 Kumpulan Sejarah: Sejarah Berdiri Candi Borobudur | Blogger Template for Bertuah | Design by Ais Bertuah