Blog Informasi sejarah yang mungkin ingin kamu ketahui. Dan bagi kamu ingin mencari tentang sejarah disinilah tempatnya. Kumpulan Sejarah.

Sejarah Awal Perkembangan Software Winamp Musik

Sejarah Awal Perkembangan Software Winamp Musik - Winamp merupakan open source software yg dibuat oleh Nullsoft, yang kini anak syarikat Time Warner. Winamp merupakan software multimedia pemutar audio dan juga video yg dapat diubah tampilannya. Winamp pertama kali dikeluarkan oleh Justin Frankel pada tahun 1996. Penghargaan bagi pembangunan semasa Winamp diberi kepada Ben Allison (benski), Will Fisher, Taber Buhl, Maksim Tyrtyshny, Chris Edwards dan Stephen (Tag) Loomis. Pada tahun 2005 pengguna Winamp naik dari 33 juta ke lebih 57 juta, menjadikannya pemain media yang kedua paling aktif digunakan seluruh dunia, hanya mengekori Windows Media Player.

Pertama kali muncul pada 21 April 1997, WinAmp merupakan aplikasi pemutar file MP3 yang terintergrasi untuk Windows. Versi 0.20a ini merupakan freeware, yang hanya menampilkan tombol play, open, stop, dan pause.

Pada Mei 1997, WinAmp 0.92 diluncurkan. Versi Winamp ini disebut sebagai Winamp klasik atau Winamp GUI, berbentuk persegi panjang abu-abu gelap, dengan tombol perak 3D, volume slider hijau merah, timer dalam huruf lampu LED hijau, dengan trackname, MP3 bitrate dan "mixrate" dalam warna hijau pula, ditambah playlist. Belum ada posisi bar, dan space kosong yang mana spektrum analyzer dan analisa gelombang nantinya akan muncul.

Sejarah Awal Perkembangan Software Winamp Musik
Software Winamp Musik
1. Winamp 1

Hanya berselang sebulan, yaitu pada 7 Juni 1997,  versi 1,006 dibuat. Ditulis dengan "Win amp" (huruf kecil), yang dimaksudkan untuk menunjukkan penganalisis spectrum. Winamp versi ini adalah shareware.

Kemudian Winamp versi 1.90 dirilis pada 31 Maret 1998. Dengan penambahan plugin yang dapat diunduh di situs resmi Winamp, versi ini menjadi versi yang pertama yang dapat memutar audio dalam format yang lebih umum. Plugin ini termasuk plugin input dua (MOD dan MP3) dan visualisasi.

Hanya berselang 18 hari, versi 1.91 dirilis, pada Juli 1998 Winamp telah diunduh lebih dari 3 juta kali, dalam berbagai versi.

2. Winamp 2

Winamp 2.0 pertama kali dirilis pada 8 September 1998.  Versi ini meningkatkan kegunaan playlist, equalizer lebih akurat, lebih banyak plugin, dan mulai memperkenalkan plugin Skin.

Pada 24 Maret 1999, Winamp 2.10 muncul, menyertakan versi baru dari "Llama" demo.mp3, yang menyengat dan mengembik. Kemudian, pada Juni 1999, Nullsoft dibeli oleh AOL, dengan saham US $ 80 juta.

Pada Desember 1999, Nullsoft Winamp merilis kembali situs winamp.com, yang memberikan kemudahan pengunduhan skin, plugin, audio streaming, download lagu, forum, serta sumber daya pengembang. Tanggal 22 Juni 2000, Winamp tercatat telah melampaui 25 juta pengguna.

3. Winamp 3

Pada 9 Oktober 2001, Nullsoft merilis versi alpha dari Winamp3 yang diperuntukkan support system operasi LINUX. Pada 9 Agustus 2002, Winamp3 versi standar diluncurkan. Ditulis tanpa pemisahan “3” untuk ciri file MP3.

Winamp3 ternyata kurang sukses sehingga banyak pengguna yang kembali memakai Winamp 2. Hal ini karena banyak pengguna menemukan kekurangan Winamp3, seperti loading lebih berat, kurang stabil, kemampuan counting total track yang menurun, skin dan plugin dari winamp 2 yang tidak sinkron.

Akhirnya, Nullsoft mengembangkan kembali Winamp 2 hingga versi 2,91 di tahun 2003. Versi beta dari 2.92 dan 2.95 kemudian dirilis dengan memasukkan beberapa fitur Winamp 5 yang akan dirilis kemudian.

4. Winamp 5

Akhirnya Winamp 5.0 dirilis pada Desember 2003. Memang sengaja tidak ada versi 4 untuk winamp. Winamp 5 didasarkan pada basis kode Winamp 2, ditambah beberapa fitur Winamp3, seperti misalnya skin modern.  Mulai versi 5.2, winamp juga terintegrasi dan mendukung iPod.

Sebagai perayaan telah sepuluh tahun winamp dirilis, maka pada 10 Oktober 2007 diluncurkanlah Winamp 5.5. Banyak fitur baru yang disertakan, seperti penambahan pada album, player terpadu, library media, skin antarmuka. Termasuk pula merilis dukungan untuk beberapa bahasa, seperti  Jerman, Polandia, Rusia dan Perancis. Versi ini tak lagi mendukung  Windows 9.x.

Perbaikan-perbaikan kelemahan dan penambahan fitur baru terus dilakukan dalam versi 5.5 ini. Hingga terakhir tercatat peluncuran Winamp versi 5.581, dikembangkan dari tahun 2009 hingga tahun 2010. Kemudian versi terbaru dikeluarkan lagi, yaitu Winamp versi 5.63.

Referensi:
http://hasyimwijaya.blogspot.com/2011/04/open-source-winamp.html
http://www.anneahira.com/sejarah-winamp.htm
0 Komentar untuk "Sejarah Awal Perkembangan Software Winamp Musik"

Back To Top